Kamis, 25 November 2010

Kepulauan Selayar Terus Menata Diri

Berbagai upaya dan langkah terobosan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam menata perjalanan roda pembangunan di daerah itu, termasuk dengan memajukan perekonomian masyarakatnya.
Hal itu ditandai dengan kesiapan faktor penunjang dalam rangka memperlancar roda transportasi melalui semakin lengkapnya infrastruktur pendukung lainnya, seperti peningkatan infrastuktur kelistrikan dan persediaan BBM untuk bisa memenuhi kebutuhan nelayan, terutama nelayan dari lima kecamatan kepulauan, termasuk pemenuhan persiapan kebutuhan masyarakat Selayar, baik usai Idul Fitri hingga memasuki Idul Adha dua bulan kedepan.
Menurut Syamsu Alam Ibrahim, stok kebutuhan pokok hingga menjelang perayaan Idul Adha tetap aman, termasuk BBM yang ditunjang dengan lancanya tansportasi penyeberangan di Pelabuhan Pamatata-Bira, sehingga khusus kebutuhan bahan pokok ini tidak akan ada persoalan.
Menyangkut tentang kestabilan harga kebutuhan pokok, Pemkab Kepulauan Selayar melalui Disperindag dan Tamben, sudah melakukan pertemuan koordinasi seminggu sebelum Idul Fitri lalu. Khusus persediaan BBM, juga demikian untuk mengantisipasinya agar tidak terjadi kelangkaan BBM, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak dialer BBM termasuk gas elpiji yang ada di daerah ini.
Pada bulan puasa lalu, Kadis Perindag Tamben mengaku mendampingi Wakil Bupati Kepulauan Selayar ke Jakarta, untuk mempertanyakan kelanjutan pembangunan Depo BBM kepada investor yang sudah melakukan peletakan batu pertamanya. Masyarakat Selayar sudah mengetahui, tentang rencana pembangunan Depo BBM tersebut.
Dalam pertemuan yang sifatnya koordinasi tersebut, pihak investor telah berjanji bahwa setelah lebaran sudah akan memulai pembangunannya, dan bahkan sudah menganggap tidak ada lagi kendala menyangkut lahan.
Dengan perhitungan awal investasi yang akan ditanamkan itu sekitar Rp. 15 miliar, yang tentunya juga diperhitungkan kemampuan pasokan BBM, berapa kebutuhan pokok masyarakat terutama bagi nelayan di luar daratan Pulau Selayar, termasuk kebutuhan alat transportasi darat.
Kita ketahui bersama bahwa untuk menunjang kelancaran perekonomian di Kabupaten Kepulauan Selayar, ada tiga faktor yang sangat menunjang dalam membangun Selayar, diantaranya selain transportasi yang lancar serta kebutuhan akan BBM dan listrik.
Demi lancarnya transportasi sebagai penunjang lainnya, khusus transportasi udara adalah perbaikan infrastuktur bandara antara lain perpanjangan landasan bandara, dengan harapan didarati pesawat dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak sekaligus menjadi bandara transit.
Selain peningkatan pembangunan bandara penunjang lainnya, adalah pemenuhan penerangan kelistrikan, olehnya itu Pemkab Kepulauan Selayar tahun ini, sudah membangun sarana pembangkit listik bantuan dari pemerintah pusat melalui kementerian dengan kapasitas per satu unit antara 80-100 Kw sebanyak dua unit dan ditempatkan di Barubasa, yang memang berada di daerah ketinggian. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar